Tips Sukses Waralaba Modal Kecil

| By : Fahrul
Usaha waralaba adalah jenis usaha yang bisa dikatakan sebagai usaha bersama. Antara pemilik modal dengan pemilik brand saling bekerjasama hingga meraih keuntungan dan sukses bersama-sama. Bisnis waralaba modal kecil pun adalah salah satu bisnis yang bisa diperhitungkan karena bisa mendatangkan omset yang besar. 


Jenis usaha ini cocok digeluti oleh para pemula, karena untuk memulai bisnis ini, akan ada bimbingan dan pelatihan hingga semakin memperbesar peluang untuk sukses. Berikut ini tips sukses waralaba modal kecil untuk mencapai keuntungan yang menjanjikan:

1. Waralaba yang mudah dijalankan
Tips pertama untuk waralaba modal kecil adalah memilih bisnis yang mudah dijalankan. Sebagai pemula, mulai bisnis dari yang mudah terlebih dahulu. Beragamnya waralaba yang ada saat ini memungkinkan kita memilih bisnis yang sederhana yang tak terlalu menguras waktu, pikiran, dan juga memiliki resiko yang kecil.

2. Harga produk yang terjangkau
Keragaman waralaba adalah juga termasuk dalam harga produk. Dengan harga yang terjangkau maka kita bisa mendapatkan konsumen yang lebih luas, karena harga ini bisa dijangkau oleh siapapun. 

3. Waralaba yang banyak dicari konsumen
Salah satu kuncik waralaba yang sukses adalah yang menyediakan produk yang diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Contoh waralaba yang populer saat ini adalah waralaba kuliner. Cari referensi di internet mengenai waralaba yang sukses namun menawarkan modal kecil. Dengan demikian, kita akan mendapati resiko dan hambatan dalam bisnis lebih kecil, karena pasar untuk produk yang dijual cukup besar.


4. Waralaba dengan pelayanan yang baik
Memilih waralaba haruslah hati-hati, karena tidak semuanya menawarkan pelayanan yang baik dan memuaskan. Inspeksi dengan benar bagaiaman waralaba ini melayani partner mereka. Pilihlah yang memberi pelayanan yang prima, contohnya dalam penyediaan garansi barang, pemberian informasi dan juga pelatihan yang diberikan. 

5. Waralaba yang dekat dengan rumah
Waralaba adalah salah satu bisnis yang memiliki banyak jaringan, sehingga tidak mengherankan jika banyak dijumpai waralaba di berbagai lokasi. Sebagai pemula dengan modal kecil, bisnis waralaba yang ada sebaiknya dipilih yang lokasinya dekat dengan rumah. Hal ini membantu Anda dalam mencari dan mendapatkan informasi untuk menjalankan bisnis. Hal ini semakin memperbesar peluang sukses bagi bisnis Anda. 

6. Kualitas barang
Banyak waralaba yang menawarkan barang yang memiliki kualitas yang bagus. Oleh karenanya, untuk usaha yang sama, pilihlah yang menawarkan kualitas barang yang bagus sehingga kita tak akan membuat konsumen kecewa. 


7. Modal yang sesuai
Bisnis waralaba menawarkan berbagai pilihan produk pelayanan, dan juga usaha yang bisa dimiliki dengan modal beragam. Ada waralaba yang butuh modal 3 juta rupah, hingga yang butuh modal hingga ratusan juta rupiah. Untuk itulah, bagi yang ingin memulai usaha ini, maka pilihlah yang menawarkan modal kecil sesuai dengan modal yang Anda miliki. 

7 tips tadi merupakan tips yang bisa dijalankan untuk memulai bisnis waralaba yang sukses. Kesuksesan sebuah waralaba tak bergantung dari besarnya modal, namun dari keuletan pebisnis itu sendiri. Jadi, bagi waralaba modal kecil sekalipun, memiliki kesempatan untuk sukses yang sama besar dengan waralaba modal besar. khususnya bagi pemula, ada banyak alasan kenapa waralaba dengan modal kecil bisa dipilih. Salah satunya adalah karena bisnis ini tidak memiliki resiko yang tinggi hingga mudah untuk dijalankan oleh semua orang.

1 komentar:

  1. Dari kriteria waralaba tersebut di atas susah juga menentukannya salah satu ya..

    BalasHapus