Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Yang Sukses

| By : Fahrul
Ada banyak orang yang mencari-cari peluang bisnis yang menghasilkan keuntungan, mulai dari usaha rumah makan, laundry, sampai dengan usaha toko online. Ada satu jenis usaha yang juga tak kalah menguntungkan, yakni usaha rental mobil. Bisnis ini sudah sukses membuat banyak orang memperoleh pendapatan pulahan juta per bulan. Bagi baik yang punya modal besar atau kecil, usaha ini bisa dijalankan dan dirintis.

Baca Juga : Peluang Bisnis Gulali Tradisional

Jika Anda berminat memulai bisnis ini maka tidak ada salahnya jika belajar dahulu tentang tips memulai bisnis rental mobil, agar ketka sudah menjalankan bisnis ini, kita sudah siap akan resiko yang dihadapi dan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Inilah beberapa tips sukses untuk memulai bisnis rental mobil bagi pemula dalam bisnis ini.

Mari Pelajari Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Yang Sukses

*Miliki modal
Modal adalah hal yang sangat penting untuk memulai usaha apapun, termasuk usaha rental mobil. Modal ini perlu dipersiapkan yakni untuk membeli mobil yang akan disewakan, baik mobil bekas maupun mobil baru. Selain itu, modal juga penting untuk menyewa atau membangun tempat persewaan, untuk perbaikan bengkel, untuk membayar asuransi dan juga perawatannya.

*Pilih lokasi yangstrategis
Salah satu tips memulai bisnis rental mobil yang tak boleh dilewatkan adalah memilih lokasi. Bisnis apapun itu, kalau kita punya lokasi yang strategis, maka kita akan mudah ditemukan oleh konsumen. Sehingga hal ini menjadi faktor penentu dalam kesuksessan bisnis. Sebaiknya lokasi yang dipilih adalah lokasi yang mudah diakses.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Usaha Jasa Cuci Sofa

*Pilih mobil berkapasitas besar
Alasan seseorang atau perusahaan menyewa mobil adalah untuk bisa dugunakan untuk satu kepentinagn yang melibatkan banyak orang. Oleh karena itu lebih baik mobil yang kita pilih adalah mobil yang bisa menampung banyak penumpang, seperti mobil xenia. Baik itu acara perusahaan, keluarga atau acara lainnya, banyak yang lebih memilih mobil bermuatan besar dibanding yang kecil.

*Tekan baiya operasionalnya
Untuk bisa mendapatkan untung besar dan mengembangkan bisnis, maka kita harus pintar mencari mobil yang memiliki biaya operasional rendah. Pintra-pintarlah dalam memilih.. Pilih mobil yang biaya perawatannya rendah serta memiliki suku cadang yang gampang dicari. Dengan demikian,maka kita bisa menekan biaya operasional yang bisa menjadi pengeluara terbesar pemilik usaha ini tiap bulannya.

*Bangun jaringan bisnis
Sebuah bisnis tak akan bisa berkembang tanpa pintar dalam membangun jaringan. Salah satu untuk memaksimalkan hal ini adalah bisa dengan mengikuti seminar bisnis, atau bisa pula ikut organisasi pebisnis di daerah. Lakukan pula kerjasama dengan perusahaan tertentu yang memiliki prospek bagus dan bisa dipercaya. Perhotelan menjadi salah satu incaran kita untuk diajak kerjasama, karena instansi inilah yang paling sering menggunakan jasa sewa mobil untuk banyak kepentingan bisnis mereka.

*Psstikan keuntungan
Yang tidak boleh terlewat dan menjadi poin yang sangat penting adalah memastikan dan menghitung keuntungan yang kedepan bisa kita dapat. Jangan sampai kita sudah mengeluarkan modal besar dan juga mengeluarkan biaya operasional yang besar namun keuntungan yang diperoleh tidak sebanding. Hitung modal awal, baik untuk pembelian mobil atau perawatannya.

*Pelajari resiko
Bisnis  apapun pasti mengandung resiko. Untuk usaha rental mobil sendiri resiko yang sering dihadapi adalah masalah keamanan mobil. Banyak terjadi kasus pencurian dalam bisnis ini. Untuk itu, sebelum memulai bisnis perlu mempelajari faktor resiko ini untuk bisa mengantisipasi masalah yang akan datang dengan teknik dan strategi bisnis yang baik. 

Baca Juga : Tips Mudah Membuka Usaha Jasa Cleaning Service

Selain pencurian, resiko selanjutnya adalah mobil rusak, lecet, maupun mengalami kecelakan. Untuk hal ini, buat perjanjian dengan si penyewa, dan jangan lupa untuk melibatkan pihak asuransi, sehigga kita tidak menjadi pihak yang dirugikan jika sewaktu-waktu hal sepwrti ini terjadi.

Demikianlah tips memulai bisnis rental mobil berpeluang suskes besar. Jika pandai untuk hal promo dan juga mengatasi biaya  untuk menjalankan bisnis sebelum memulai bisnis ini. Karena dengan demikian kita bisa memperdiksi keuntungan dan juga kemungkinan suksesnya. 

2 komentar:

  1. terimakasih atas tips-nya dalam merintis bisnis rental mobil. sangat bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi yang ingin membuka bisnis rental..
    Aplikasi Rental Mobil Berbasis Android

    BalasHapus