Strategi Pemasaran Usaha Jasa Cuci Sofa

| By : Fahrul
Tahap pertama memulai usaha jasa cuci sofa adalah dengan mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Setelah itu, kita harus memikirkan bagaimana cara atau strategi pemasarannya. Jangan sampai ketika kita sudah memilki karyawan serta peralatan yang lengkap dan mahal, namun kita gagal dalam mencari klien dan juga memasarkannya. Untuk itulah, bagi pengusaha cuci sofa, perlu mempelajari bagaimana pemasaran dari usaha ini.

Strategi Sukses Memasarkan Usaha Jasa Cuci Sofa

*Cari konsumen corporate
Usaha jasa cuci sofa bukan sebuah usaha yang hanya bisa melayani konsumen rumah tangga saja. Namun kita bisa mencari konsumen dari corporate. Jasa cuci sofa bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kursi-kursi di halte atau ruang tunggu, bandara, rumah sakit, atau di tempat  public lainnya. Bidik pula dari kalangan perkantoran yang jelas memiiki masalah pada kursi atau sofa yang kotor. Lakukan promosi dan  tawarkan jasa terbaik serta pelayanan yang memuaskan bagi calon klien.

Baca Juga : Tips Mudah Membuka Usaha Jasa Cleaning Service

*Buat proposal
Ketika kita sudah  membidik suatu instansi atau corporate  untuk menggunakan jasa kita, kita tidak hanya bisa sekedar melakukan promosi lewat sosial media atau brosur saja, namun buatlah proposal yang menggambarkan bisnis kita. Buat proposal sebaik mungkin. Tuliskan gambaran perusahaan kita dan juga kelebihan kita dibanding dengan usaha jasa yang lain.

*Sanggup memenuhi permintaan lain
Biasanya, yang sering tejadi adalah ketika sebuah korporate menggunakan jasa kita untuk membersihkan sofa, mereka juga akan meminta  untuk turut membersihkan karpet, poles lanati dan juga yang lainnya. Nah disinilah, kita melihat peluang yang lebih luas. Jadi, sebaiknya, usaha yang kita bangun tidak hanya khusus untuk membersihkan sofa saja namun juga mamu melayani permintaan lain dari konsumen.

*Memasang pamphlet
Selain dengan proposal, memasang pamphlet juga turut membantu dalam pemasaran dan menjaring klien yang lebih luas lagi. Pasanglah di tempat yang strategis. Pastikan untuk memasangnya di tempat yang tidak  dilarang dan bisa mengganggu estetika kota, jangan memasang di tiang listrik maupun di batang pohon pinggir jalan. 

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Undangan Pernikahan

*Menyebar brosur untuk konsumen lokal
Usaha jasa cuci sofa adalah jasa yang diminati oleh para korporate dan juga oleh kalangan lokal atau rumah tangga. Oleh karena itu, kita bisa juga melakukan promosi di perumahan-perumahan yang sekiranya butuh jasa kita. Untuk target pasar ini, media yang kita gunakan adalah dengan menyebarkan brosur. 

Pastikan kalau brosur yang kita buat diterima oleh di pemilik rumah. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan jasa para loper koran yang biasanya mengirim Koran ke rumah-rumah. Brosur kita akan diselipkan di sela sela Koran, dengan demikian, akan semakin banyak orang yang mengenal usaha kita. 

*Bekerjasama dengan outlet laundry di daerah target pasar
Jadikan pemilik outlet laundry sebagai agen dari usaha jasa kita. Berikan margin 20 hingag 25 persen dari nilai cuci sofa yang ada. Optimalkan tratgei pemesanan ini dengan memasnag banner atau pamphlet di outlet laundry yang kita jadikan agen. Dengan cara ini kita bisa mendapat pintu masuk orderan lebih banyak lagi. Kerjasama semacam ini juga bisa dilakukan dengan toko-toko kelontong ataupun toko pakaian yang berada di daerah sekitar target pasar kita. 

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Properti dengan Modal Kecil

Beberapa cara diatas terbukti mampu menjaring klien lebih banyak dengan semakin luasnya pintu masuk orderan yang ada. Oleh karena itu, maksimalkan dengan benar strategy marketing yang ada. Dengan begitu, usaha jasa cuci sofa akan berjalan dengan maksimal dan mampu survive di tengah persaingan pasar. Bagi yang berniat untuk menekuni usaha ini, maka beberapa strategi tadi pantas untuk dicoba dan diterapkan. 

0 komentar:

Poskan Komentar