Peluang Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi Dan Ikan Hias

| By : Fahrul
Bagi Anda yang mau membuka suatu bisnis, perlu mencari ide yang memiliki prospek dan pasar yang bagus. Jika selama ini bisnis jasa, pakaian, dan juga elektroik banyak dimintai, sudahkan Anda memikirkan ide usaha pembenihan ikan

Baca Juga :  4 Kisah Sukses Wirausaha Indonesia

Ya, usaha ini menjanjikan peluang yang cukup menjanjikan. Kenapa? Karena produk dari bisnis ini merupakan produk yang banyak dicari. Ada banyak keuntungan dan peluang dari bisnis ini. Dalam bisnis ini juga ada dua kategori, yakni pembenihan ikan konsumsi dan ikan hias. Keduanya memiliki peluang yang berbeda namun sama-sama menjanjikan kesuksessan.

Peluang Usaha Pembenihan Ikan Yang Bisa Dijadikan Refeensi Usaha Anda

Ide usaha untuk usaha belum banyak dilirik oleh orang, sehingga hanya beberapa orang saja yang menguasai pasar ini. Sehingga tidak salah jika Anda memilih bisnis ini untuk dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Ada beberapa faktor kesuksesan dari bisnis ini:

1# Pengetahuan yang dimiliki dalam bisnis, baik dalam pembibitan ikan, maupun dalam memasarkan produk. Perlu diketahui bahwa setiap jenis ikan perlu cara pembibitan yang beda. Media pun juga harus diperlakukan dengan spesial. Oleh karena belajar lebih banyak mengenai jenis ikan yang dibibitkan akan menambahkan peluang keberhasilan usaha pembenihan ikan.

Baca Juga : Kisah Sukses Bisnis Online Yang Menginspirasi

2# Pengalaman juga bisa menjadi faktor tersendiri. Bagi yang sudah memiliki pengalaman maka akan semakin memperbesar peluang sukses. Karena pengalaman itu sebenarnya adalah pengetahuan yang berharga yang mungkin tak bisa didapat dari membaca buku. Jika memungkinkan, dapatkan pengalaman  pembenihan ikan dengan mangamati usaha yang sudah dirintis dan juga sudah sukses. 

3# Intuisi yang muncul dari pebisnis itu sendiri untuk mencari peluang pasar maupun cara menghadapi persoaaln yang muncul. Dalam menjalankan bisnis, tentu tak lepas dari tantangan dan juga rintangan. Sebagai pebisnis handal, maka harus memiliki intuisi untuk memecahkan berbagai persoalan, entah itu karena masalah alam, karena masalah permintaan konsumen yang sulit terpenuhi atau berbagai masalah lain yang mungkin menghampiri.

Tantangan yang mungkin muncul dan harus dihadapi:
  • Sulit memenuhi pemrintaan pasar dengan tenggat waktu tertentu. Masalah ini sering dialami oleh pembenih ikan. Karena memang permintaan untuk benih ikan bisa dibilang cukup tinggi. Sehingga bagi pebisnis, sulit memenuhi permintaan konsumen. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa peluang untuk bisnis ini masih sangat menjanjikan.
Baca Juga : Tips Sukses Waralaba Modal Kecil
 
Cara memulai usaha:

  • Membuat media atau tempat pemelihaaraan. Ukuran tidak perlu besar karena hanya akan menampung beberapa ikan untuk pembenihan.
  • Beli induk ikan konsumsi yang siap memijah. Ikan ini bisa berupa ikan lele, ikan nila, atau jenis ikan lainnya. Disarankan yang dibenihkan adalah ikan yang ada disekitar Anda, yang bisa hidup sesuai kondisi air maupun lingkungan tempat tinggal.
  • Lakukan pemeliharaan dan lakukan pemijahan serta proses pembenihan pada ikan induk hingga menghasilkan benih ikan.
  • Kalau benih sudah tersedia, maka lakukan pengemasan benih yang benar.
Untuk ikan  hias sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan usaha pembenihan ikan konsumsi. Yang berbeda mungkin hanya berupa media dan cara pembenihan yang lebih rumit. Ikan hias membutuhkan media yang berbeda dan pemberlakuan yang berbeda pula. Sebelum memulai usaha ini, lakukan beberapa percobaan pembenihan, sehingga bisa mendapatkan cara pembibitan yang efektif.

0 komentar:

Posting Komentar