Peluang Usaha Cuci Mobil Bagi Pebisnis

| By : Fahrul
Usaha cuci mobil adalah salah satu jensi usaha yang menguntungkan. Hampir disetiap sudut kota, selalu dengan mudah kita temui jenis usaha ini. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta , keberadaan jumlah mobil di sana turut mempengaruh prospek perkembangan bisnis cuci mobil, sehingga tidak heran jika usaha ini menjadi salah satu usaha yang menjanjikan

Baca Juga :  Cara Memulai Bisnis Properti dengan Modal Kecil

Ada banyak jenis bisnis cuci mobil, salah satunya adalah cuci mobil salju yang lagi diminati banyak orang karena menawarkan hasil yang maksimal. Jika Anda salah satu pebisnis yang ingin menggeluti usaha ini, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis ini. Berikut alasan Anda kenapa harus menggeluti  usaha ini.

Mudahnya Membuka Usaha Cuci Mobil

*Modal kecil
Menggeluti bisis di bidang jasa cuci kendaraan bermotor sangatlah mudah karena tdak buuth modal besar. Yang dibutuhkan adalah pelayanan yang prima dan memuaskan, karena di bisnis ini kita menjual jasa, bukan sabun pencuci mobil, untuk itu, perlu pemilihan SDM yang mumpuni yang mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

*Tidak rumit
Selayaknya sebuah bisnis, usaha cuci mobil juga butuh pengelolaan dalam manajemen dan administrasinya. Bagi usaha yang simpel dan sederhana, maka akan memperkecil baiya operasionalnya dan pengelolaannya. Berbeda dengan bisnis lain, bisnis cuci mobil memiliki sistem yang mudah dan sederhana dalam mengontrol keuangan. Usaha ini hanya memiliki beberapa item atau inventaris saja, tidak rumit seperti bisnis yang lain. Hal ini membuat kita mudah dalam mengelola dan mengawasi pelaksanaannya.

Baca Juga : Peluang Dan Potensi Bisnis Kaos Daerah

*Mudah mendapatkan karyawan
Pekerja dibidang cuci mobil tidak butuh skill atau pendidikan khusus, yang dibutuhkan adalah pelayanan yang prima. Oleh karena itu, bagi pebisnis, mencari kayawan untuk bisa dipekerjakan dibidang ini bisa dikatakan sangatlah mudah. Upah pun tidak terlalu besar. 

Kita bisa memberi upah sesuai sistem harian, mingguan, atau mungkin bulanan. Bisa juga dengan bergantung pada berapa banyak kendaraan yang dicuci. Dengan demikian akan ada sistem keadilan dalam berbisnis. Kita bisa menerapkan sistem bagi hasil, yakni 70% untuk pemiliki usaha, dan 30% untuk pekerja.

*Pentingnya pemilihan lokasi
Lokasi sangat menentukan perkembangan bisnis. Bila lokasi kita di kota besar, dipinggir jalan raya yang strategis, maka kemungkinan untuk suskses akan jauh lebih besar. Usahakan untuk memilih tempat usaha yang strategis dan mudah dijangkau konsumen.

*Pelayanan dan kepercayaan
Sebagai usaha yang berbasis pada jasa, maka kepuasan dan kepercayaan konsumen menjadi nomor satu. Tangani setiap complain yang ada dengan segera, sehingga kita tidak akan memiliki cacat di mata para konsumen. Buat konsumen menjadi loyal dengan jasa kita. Dengan demikian, kita akan mempertahankan satu konsumen yang sudah akan tentu datang setiap kali membutuhkan jasa cuci mobil.

Baca Juga : Langkah-Langkah Mudah Memulai Bisnis Pakaian

*Peluang usaha lain
Ketika kita sudah menemukan lahan yang cukup luas untuk usaha ini, maka selanjutnya kita bisa melakukan ekspansi bisnis lain yakni seperti membuka rumah makan di tempat itu, berjualan makanan, berjualan pulsa, dan lain sebagainya. Dengan demikan, kita bisa menyediakan fasilitas lebih bagi konsumen yang menjadikan tempat cuci mobil kita sebagai satu tempat untuk istirahat keluarga yang nyaman.

Berbagai kemudahan dalam memulai dan juga mengelola usaha cuci mobil di atas nampaknya bisa menjadi alasan kenapa usaha ini menguntungan bagi pebisnis. Modal kecil mungkin menjadi alasan utama untuk memulai bisnis ini. Untuk semua peralatan dan juga fasilitas dari usaha ini cukup sederhana dan bisa didapat tanpa mengeluarkan biaya yang tinggi, sehingga bagi pemilik modal terbatas, usaha ini patut untuk digeluti.

0 komentar:

Posting Komentar