Peluang Usaha Budidaya Teripang Yang Menjanjikan

| By : Fahrul
Teripang merupakan organisme laut yang hidup didasar perairan. Pergerakan dari teripang sangat lembat. Usaha budidaya teripang sendiri sudah banyak dikelola. Selain relatif mudah, usaha ini juga menjanjikan keuntungan yang tinggi karena harga jual teripang yang bisa dibilang cukup mahal. Karena keberadaannya cukup langka dan tak semua tempat ada, maka teripang menjadi komoditi yang cukup istimewa. Cara budidaya teripang sendiri ada beberapa metode, salah satunya adalah dengan kurungan atau pen culture. Bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang peluang usaha budidaya teripang, maka berikut ini ulasannya:

Baca Juga :  Peluang Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi Dan Ikan Hias

1# Konsumen
Teripang disebut juga dengan timun laut. Teripang ini sendiir banyak dicari karena manfaatnya yang melimpah bagi kesehatan manusia, salah satunya yakni mampu memperbaiki sel-sel yang rusak, mengandung banyak protein, lemak, dan karbohidrat. 

Karena manfaatnya yang luar biasa, maka tidak heran jika konsumen untuk binatang laut ini cukup banyak, bahkan rela membayar mahal untuk bisa mendapatkan bahan makanan ini. Konsumennya sendiri kebanyakan dari kalangan menengah keatas. Teripang banyak disajikan di restoran dengan menu seafood. Sementara untuk teripang mentah, bisa ditemui di swalayan tertentu.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Budidaya Lobster Air Tawar

2# Memulai usaha budidaya teripang
Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa salah satu metode budidaya teripang adalah dengan kurungan. Dengan metode ini kita memelihara teripang yang merupakan binatang melata dengan cara memagari area perairan pantai dengan luas tertentu dimana teripang hiudp. Secara tidak langusng, kita mengisolir pergerakan teripang hingga tidak akan bisa berpindah tempat diluar kurungan yang dibuat. 

Caranya adalah dengan:
  • Memilih lokasi yang cocok untuk pemeliharaan dan pembesaran teripang. Dasar perairan adalah pasir yang berkarang, berlumpur, yang terdapat rumput lindung. Perairan ini setidaknya harus memiliki suhu 25-30 derajat celcius.
  • Siapkan pagar untuk mengurung teripang dengan menggunakan jaring yang ukuran mata jaringnya 0,2 cm.
  • Tebarkan benih teripang yang memiliki ukuran 40-60 gram yang siap dibesarkan dalam kurungan.
  • Peralatan lain yang dibutuhkan adalah salinometer, thermometer, tes kit kualitas air, dan pH meter.
Baca Juga : Potensi Usaha Budidaya Ikan Windu Yang Harus Anda Tahu
3# Keuntungan bisnis budidaya teripang
Teripang sendiri merupakan salah satu komoditi ekspor yang memiliki harga cukup menjanjikan dan menguntungkan. Psar luar negeri cukup menyambut hangat komoditi teripang hingga mudah dipasarkan di sana. Sampai saat ini kuantts dari teripang masih terbatas karena belum banyak orang yang membudidayakannya dan masih mengandalkan tangkapan dari laut. Beberapa hal yang membuat budidaya teripang sangat menguntungkan adalah:
  • Teripang dapat hidup bergerombom dengan kepadatan penebaran benih yang tinggi
  • Cara budidayanya sederhana dan tidak butuh teknologi tinggi dan modal besar
  • Pakan teripang sangat mudah didapat, yakni berupa ganggang penempel, molusca kecil, yang banyak tersedia di perairan laut.
  • Rasa daging teripang sangat enak dengan kandungan nutrisi yang tinggi.
4# Tantangan dalam bisnis budidaya teripang
Seperti halnya usaha lain, usaha teripang pun memiliki hambatan dan tantangan yang harus dihadapi, diantaranya:
  • Teripang rentan terhadap himpitan karena merupakan binatang laut yang megandung banyak air.
  • Adanya ancaman serangan hama, seperti kepiting dan bulu babi.
5# Cara memasarkan teripang
Saat ini teripang dipasarkan dalam berbagai bentuk, mulai dari teripang segar sampai dalam bentuk olahan. Jenis produknya sendiri bisa berupa teripang kering, usuasi, gonad kering, otot kering, teripang kaleng, kerupuk teripang, dan berbgai olahan dari teripang lainnya. Untuk ekspor, usaha budidaya teripang ini masih sangat terbuka, khususnya di negera-negara Eropa, Jepang, Singapura, Malaysia, dan juga negara Amerika.

0 komentar:

Posting Komentar