Peluang Bisnis Gulali Tradisional

| By : Fahrul
Permen gulali tentu sudah akrab bagi orang Indonesia, apalagi bagi pencinta makanan manis. Salah satu makanan murah meriah ini sangat eksis hingga sekarang, tak lekang ditelan jaman dan banyaknya maknan pabrikan yang beredar di masyarakat. Dengan kondisi ini, peluang bisnis gulali bisa dibilnag masih cukup cerah.

Baca Juga :  Peluang Dan Cara Memulai Bisnis Boneka

Di sana sini masih sering kita jumpai penjaja gulali dengan mudah, apalagi di tempat-tempat keramaian seperti pasar malam atau tempat wisata. Bukan hanya anak kecil saja yang suka dengan makanan ini, namun orang dewasa pun turut  menjadi penikmat permen gulali. Bagi yang ingin memulai bisnis kuliner ini, maka berikut ini ada beberapa macam gulali yang keberadannya masih banyak diminati oleh konsumen Indonesia.

Peluang Bisnis Gulali Tradisional Di Indonesia

*Gulali gula jawa kacang tanah
Salah satu resep tradisional ini masih bisa kita jumpai sekarang. Gulali ini terbuat dari gula jawa yang menjadi asal muasal aneka macam permen gulali saat ini. Bagi pebisnis yang ingin mengembangkan bisnis gulali maka bisa memilih jenis ini. Bahannya mudah ditemui, dan rasanya ramah di lidah orang Indonesia. 

Bukan hanya anak kecil saja yang suka rasa manisnya, namun juga orang dewasa banyak yang menyukai gulali ini. Bentuk dari jenis gulali ini juga beraneka ragam dan bisa menuruti permintaan pelanggan. Untuk menciptakan cita rasa yang nikmat, maka biasanya ada tambahan kacang tanah hingga mirip permen ting-ting.

*Gulali gula pasir
Seperti namanya, jajanan manis ini terbuat dari gula pasir. Para pedagang gulali ini sangat kretaif dan inovatif, mereka biasanya memberikan warna yang menarik pada gulali ini hingga menjadi salah satu daya tarik bagi anak-anak karena warnanya yang indah dan menggugah selera untuk dimakan. 

Baca Juga : Tips Mudah Membuka Usaha Jasa Cleaning Service

Bagi pebisnis yang ingin menjajal gulali gula pasir, nampaknya harus lebih kreatif dan inovatif dalam menjajakannya karena kita bisa saja mengembanagkan baik bentuk maupun warna agar tidak monoton dan itu-itu saja, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak yang merupakan konsumen terbesar gulali ini. Bentuk gulali gula pasir bisa berupa binatang, ayam, burung, pesawat, hingga mobil-mobilan. Peluang bisnis gulali ini makin menggiurkan karena sudah tentu laku kalau di jajakan di keramaian umum.

*Gulali rambut nenek
Cara membuat gulali ini adalah dengan menyediakan dua bahan utama, yakni gula pasir dan juga tepung. Abang-abang penjual gulali menarik-narik gulali sedemikian rupa hingga membentuk seperti benang sutra. Karena bentuknya yang acak-acakan maka orang biasanya menyebutnya dengan rambut nenek. 

Kalau orang Cina menyebutnya dengan nama gulali jenggot ekor naga. Mau dipasarkan di manapun, makanan manis ini tetap saja laku oleh pembeli yang ingin merasakan sensasi manis dan unik dari gulali. Bahkan dengan modal yang ringan, seorang abang-baag gulali bisa meraup untung yang tinggi. Coba saja bandingkan antara biaya produksi dengan harga jual gulali yang sedemikian besar, maka bisa dipastikan bahwa abang-abang gulali ini bisa meraup untung yang lumayan besar dari bisnis ini.

*Gulali arum manis
Ini dia jenis gulali yang paling sering dan mudah dijumpai hampir di setiap pasar malam atau tempat wisata. Ada sebuah mesin khusus untuk membuat gulali ini. Mesin ini beruputar dan menghasilkan serat gula halus yang kemudian disebut dengan arum manis. 

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Undangan Pernikahan

Bila serat itu dikumpulkan maka akan menjadi seperti kapas dan banyak disukai anak-anak. Penjual gulali ini biasanya menambah pewarna makanan, hingga gulali ini menarik minat anak-anak untuk membeli. Peluang bisnis gulali arum manis sendiri bisa dibilang cukup besar, karena sekarang ini bisnis ini banyak di fanchise-kan.

0 komentar:

Poskan Komentar