Manisnya Peluang Usaha Rental Mobil

| By : Fahrul
Usaha rental mobil merupakan salah satu bisnis yang sangat menggiurkan. Jadi tidak salah jika banyak orang yang memulai bisnis ini. Bisnis ini berjalan cukup sukses, khususnya di daerah perkotaan, seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, dan juga di kota lainnya. Bisnis ini bisa sukses meraup untung dengan kisaran 7 hingga10 juta perbulan untuk setiap unit mobil. Berminat untuk memulai bisnis ini? Lihat cara memulai bisnis rental mobil beirkut ini.

Cara Memulai Usaha Rental Mobil

1# Pilih mobil yang populer di pasaran
Trend di rental mobil saat ini adalah mereka banyak memilih mobil jenis Avanza ataupun Xenia. Mobil ini dianggap sebagai mobil yang sering diminati oleh konsumen. Kenapa begitu? Karena mobil ini mampu menampung penumpang dalam jumlah lebih banyak dibanding mobil jenis lainnya. Untuk memulai bisnis ini, kita bisa berinvestasi pada kedua jenis mobil ini. 

Baca Juga : Tips Mudah Membuka Usaha Jasa Cleaning Service

Banyak yang menyewa mobil dengan tujuan untuk menggelar acara keluarga atau acara bepergian dalam jumah orang yang banyak, Oleh karena itu, kedua jenis mobil ini bisa dikatakan pasti akan diminati oleh orang. Apalagi jika musim liburan sekolah atau lebaran, pasti banyak yang ingin menyewa mobil untuk liburan atau mudik ke kampung halaman untuk itu, mereka butuh mobil ukuran besar yang mampu menampung seluruh keluarga dan barang bawaan yang banyak.

2# Pilih mobil baru bukan mobil bekas
Tips usaha rental mobil berikutnya adalah memilih mobil baru, bukan mobil bekas. Kenapa harus mobil baru? Hal ini karena mobil bekas biasanya butuh biaya perawatan yang lebih besar dibanding mobil baru. Bisa dikatakn, kalau kita berinvestasi pada mobil baru, maka kita akan jarag mengeluarkan budget untuk servis dan ganti onderdil. Beda dengan mobil bekas yang biasanya akan sering keluar masuk bengkel dan membuat baiya perawatannya membengkak. 

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Undangan Pernikahan

Selain itu, dari sisi konsumen, tentu mereka akan lebih memilih menyewa mobil baru karena dianggap lebih mulus, aman, dan nyaman. Bukan hanya itu saja, dalam hal asuransi,cendurng lebih mudah diurus. Pihak asuransi tentu akan lebih menghargai lebih bagi asset mobil baru dibanding mobil bekas.

3# Beli mobil baru dengan kredit
Bila mempunyai modal cukup besar, maka tidak masalah jika membeli mobil dengan cash. Masalahnya adalah jika modal terbatas, maka sebaiknya membeli mobil secara kredit. Lakukan pembelian dengan angsuran bagi yang bermodal kecil. Sehingga untk pembayaran angsuran per bulannya, kita bisa membayarnya dengan uang sewa yang kita dapatkan dari persewaan mobil.

4# Buat sistem sewa
Ada beberapa masalah yang riskan dihadapi oleh usaha ini, yakni salah satunya adalah pencitraann kendaraan. Oleh karena itu konsep bisnis perlu diersiapkan dengan teliti untuk bisa mengantsipasi setiap resiko yang ada ke depannya. Untuk menyewakan mobil jangan hanya mengandalkan KTP atau SIM dari si penyewa, namun tanamkan juga GPS untuk melacak lokasi kendaraan yang disewakan secara tersembunyi. Hal ini sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian mobil.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Properti dengan Modal Kecil

5#Promosikan usaha Anda
Promosi adalah hal  yang tidak boleh dilewatkan, apalagi untuk bisnis rental mobil. Cara promosi yang paling mudah dan murah namun cukup efektif adalah dengan memasang iklan di Koran dan juga membuat pamphlet. Cara promosi lainya adalah dengan bekerja sama dengan perusahaan ataupun perhotelan untuk bisa mendapatkan konsumen yang rutin memakai jasa kita. Ada fakta yang harus Anda tahu bahwa, bisnis rental mobil banyak yang sukses setelah bisa bekerjasama dengan perhotelan ataupun perusahaan. 

Hal ini lebih menjanjikan dibanding sekedar menyewakan secara perseorangan. Selain itu sistem keamanan dan pertanggung jawabannya juga lebih jelas, jadi masalah pencurian mobil bisa diminimalisir. Kalau sudah demikian, maka usaha rental mobil bisa berkembang. 

0 komentar:

Poskan Komentar